Analisis Iklan

Permen Y**i
kita tau bahwa salah satu produk permen kenyal yang satu ini sangat digemari konsumen khususnya anak-anak usia sekolah. Tak hanya anak-anak saja yang gemar mengkonsumsi kudapan manis yang satu ini tetapi juga kalangan anak muda dan bahkan ada orang tua juga mengkonsumsi permen kenyal Y**i ini. Banyak varian rasa dan bentuk yang ditawarkan sehingga menarik minat konsumen untuk selalu mencoba varian bentuk dan rasa dari produk ini

Kelebihan :
      Iklan ini sangat banyak variasi bentuk dan rasanya yang lucu dan menarik untuk dikonsumsi, khususnya bagi anak-anak. Dalam iklan ini ditampilkan warna-warni latar nya sehingga sesuai dengan jargonnya yaitu “kenyalnya bikin happy”

Kelemahan :
      Iklan ini memiliki slogan “Y**I Kenyalnya Bikin Happy” kita tau bahwa yang dapat membuat diri kita senang bukan hanya mengkonsumsi permen kenyal ini tapi yang dapat membuat kita senang dalah hiburan, kumpul bersama teman, wisata dan lain-lain.

Iklan N*triS*ri

    Iklan ini menggambarkan suasana panas terik matahari di daerah pantai dan ingin menikmati segelas minuman dingin yang menyegarkan. Selain itu dalam iklan ini aktor ditemani oleh animasi buah jeruk yang juga ikut kelelahan karena panas matahari, sang aktor pun memutuskan untuk membuat minuman N*triS*ri dingin yang menyegarkan.

Kelebihan :
     Iklan ini mampu membuat penonton yang melihat iklan ini dapat tergugah untuk membuat minuman N*truS*ri untuk melepas dahaga apabila cuaca sedang panas

Kelemahan :
        Dalam iklan ini terdapat kalimat yaitu “jeruk kok minum jeruk” yang tidak terlalu jelas maksud dan arti dari kalimat tersebut. Sedangkan N*triS*ri memiliki banyak varian rasa bukan hanya jeruk saja

 Iklan H*llo T*en
Kelebihan :
   Dalam iklan susu ini penggunaan bahasa disesuaikan dengan usia sasaran konsumen sehingga pesan lebih mempunyai nilai dan dapat mempengaruhi sasaran konsumen. Pada iklan menggunakan pemilihan bahasa sesuai dengan usia dan varian produk dan ditayangkan pada jadwal prime time

Kelemahan :
     Iklan H*llo T*en ini memiliki tagline yaitu ”tumbuh tuk keatas bukan ke samping “ Iklan beserta tagline dapat menimbulkan kesan bahwa tubuh tinggi dan ramping itu lebih baik dibandingkan dengan tubuh pendek dan gendut yang tidak bisa melakukan apa-apa. Hal ini dapat berakibat buruk bagi para penontonya apalagi susu ini ditargetkan untuk para anak-anak remaja dan seluruh pemeran dalam iklan dalam iklan adalah anak muda. Remaja dengan postur tubuh pendek dan gendut dapat merasa kurang percaya diri dan mungkin diejek teman sebayanya akibat standar yang tanpa disadari ditetapkan iklan tersebut.


Iklan P*nds Fla*less W*ite

Kelebihan :
     Seperti biasa iklan ini menantang rasa ingin mencoba konsumen pada produk ini. Ketika konsumen merasa tertantang maka ia akan membeli produk yang diinginkan.

Kelemahan :
      Iklan pencuci wajah ini memiliki tagline “buktikan sendiri perbedaannya” kalimat ini merupakan kalimat yang menggantung, jadi untuk kelanjutannya penonton bisa menafsirkan sendiri. Jadi, produk pencucci wajah ini membiarkan masyarakat manifsirkan perbedaan setelah memakai produk tersebut

Iklan B*ue B*nd
Kelebihan :
        Penggunaan gaya bahasa ini pada iklan margarin mengajak pembeli/penonton untuk memakai margarin ini, karena dengan harga seribu rupiah sudah seperti kasih ibu.

Kelemahan : 
      Pada iklan margarin ini terdapat kalimat “kasih ibu memang tak hingga, tapi kali ini cukup seribu untuk mengungkapkannya” kalimat ini bertentangan dari sebuah kebiasaan contoh ini mempertentangkan antara kasih ibu yang tidak terhingga dengan cara mengungkapkan kasih ibu yang hanya bisa diberikan dengan seribu rupiah. Padahal lazimnya adalah hasil pengorbanan seorang ibu yang begitu besar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOKO ROTI TOUS LES JOURS

Tulisan 2 Etika Bisnis

SINOPSIS FILM FAST AND FURIOUS 8 (FATE OF FURIOUS)