Analisis Iklan
Permen Y**i
kita tau bahwa salah satu produk permen kenyal yang
satu ini sangat digemari konsumen khususnya anak-anak usia sekolah. Tak hanya
anak-anak saja yang gemar mengkonsumsi kudapan manis yang satu ini tetapi juga
kalangan anak muda dan bahkan ada orang tua juga mengkonsumsi permen kenyal
Y**i ini. Banyak varian rasa dan bentuk yang ditawarkan sehingga menarik minat
konsumen untuk selalu mencoba varian bentuk dan rasa dari produk ini
Kelebihan :
Iklan ini sangat banyak
variasi bentuk dan rasanya yang lucu dan menarik untuk dikonsumsi, khususnya
bagi anak-anak. Dalam iklan ini ditampilkan warna-warni latar nya sehingga
sesuai dengan jargonnya yaitu “kenyalnya bikin happy”
Kelemahan :
Iklan ini memiliki slogan “Y**I Kenyalnya
Bikin Happy” kita tau bahwa yang dapat membuat diri kita senang bukan hanya
mengkonsumsi permen kenyal ini tapi yang dapat membuat kita senang dalah
hiburan, kumpul bersama teman, wisata dan lain-lain.
Iklan N*triS*ri
Iklan ini menggambarkan
suasana panas terik matahari di daerah pantai dan ingin menikmati segelas
minuman dingin yang menyegarkan. Selain itu dalam iklan ini aktor ditemani oleh
animasi buah jeruk yang juga ikut kelelahan karena panas matahari, sang aktor
pun memutuskan untuk membuat minuman N*triS*ri dingin yang menyegarkan.
Kelebihan :
Iklan ini mampu membuat
penonton yang melihat iklan ini dapat tergugah untuk membuat minuman N*truS*ri
untuk melepas dahaga apabila cuaca sedang panas
Kelemahan :
Dalam iklan ini terdapat
kalimat yaitu “jeruk kok minum jeruk” yang tidak terlalu jelas maksud dan arti
dari kalimat tersebut. Sedangkan N*triS*ri memiliki banyak varian rasa bukan
hanya jeruk saja
Iklan H*llo T*en
Kelebihan :
Dalam iklan susu ini penggunaan
bahasa disesuaikan dengan usia sasaran konsumen sehingga pesan lebih mempunyai
nilai dan dapat mempengaruhi sasaran konsumen. Pada iklan menggunakan pemilihan
bahasa sesuai dengan usia dan varian produk dan ditayangkan pada jadwal prime
time
Kelemahan :
Iklan H*llo T*en ini
memiliki tagline yaitu ”tumbuh tuk
keatas bukan ke samping “ Iklan beserta tagline
dapat menimbulkan kesan bahwa tubuh tinggi dan ramping itu lebih baik
dibandingkan dengan tubuh pendek dan gendut yang tidak bisa melakukan apa-apa. Hal
ini dapat berakibat buruk bagi para penontonya apalagi susu ini ditargetkan untuk
para anak-anak remaja dan seluruh pemeran dalam iklan dalam iklan adalah anak
muda. Remaja dengan postur tubuh pendek dan gendut dapat merasa kurang percaya
diri dan mungkin diejek teman sebayanya akibat standar yang tanpa disadari
ditetapkan iklan tersebut.
Iklan P*nds Fla*less W*ite
Kelebihan :
Seperti biasa iklan ini
menantang rasa ingin mencoba konsumen pada produk ini. Ketika konsumen merasa
tertantang maka ia akan membeli produk yang diinginkan.
Kelemahan :
Iklan pencuci wajah ini
memiliki tagline “buktikan sendiri
perbedaannya” kalimat ini merupakan kalimat yang menggantung, jadi untuk
kelanjutannya penonton bisa menafsirkan sendiri. Jadi, produk pencucci wajah
ini membiarkan masyarakat manifsirkan perbedaan setelah memakai produk tersebut
Iklan B*ue B*nd
Kelebihan :
Penggunaan gaya bahasa
ini pada iklan margarin mengajak pembeli/penonton untuk memakai margarin ini,
karena dengan harga seribu rupiah sudah seperti kasih ibu.
Kelemahan :
Pada iklan margarin ini
terdapat kalimat “kasih ibu memang tak hingga, tapi kali ini cukup seribu untuk
mengungkapkannya” kalimat ini bertentangan dari sebuah kebiasaan contoh ini
mempertentangkan antara kasih ibu yang tidak terhingga dengan cara
mengungkapkan kasih ibu yang hanya bisa diberikan dengan seribu rupiah. Padahal
lazimnya adalah hasil pengorbanan seorang ibu yang begitu besar
Komentar
Posting Komentar