Tugas 4_ Etika Bisnis
ETIKA KERJA KARYAWAN
Yang
dimaksud dengan etika kerja adalah norma-norma yang melandasi tata krama
hubungan antara seorang karyawan dengan pihak lainnya. Pihak-pihak yang
berhubungan antara lain:
-Antara
karyawan dengan perusahaan
-Antara
tugas, wewenang, dan jabatan
-Antara
atasan dan bawahan
-Antar
Karyawan
Disini
akan di jelaskan secara rinci pihak-pihak yang berhubungan tersebut:
1. Hubungan Antara Karyawan dengan Perusahaan
§
Seorang karyawan harus berusaha yang terbaik
untuk kepentingan perusahaan, jelasnya bahwa setiap karyawan harus berbuat yang
terbaik bagi perusahaan.
§
Seorang karyawan harus berusaha meningkatkan
kemampuannya untuk mencapai yang terbaik, yakni kontribusi karyawan tergantung
dari kemampuan dan semangat untuk menghasilkan yang terbaik.
§
Seorang karyawan harus bersikap achievement
oriented yaitu pencapaian orientasi target dalam kerja.
§
Seorang karyawan harus bertingkah laku yang
baik dan menghindari hal-hal yang mencemarkan nama baik perusahaan.
2. Hubungan Antara Tugas, Wewenang, dan Jabatan
§
Seorang karyawan harus mempunyai rasa tanggung
jawab dalam menggunakan wewenang dan jabatan agar tidak merugikan perusahaan,
rekan kerja, orang lain dan dirinya sendiri.
§
Jangan menyalah gunakan wewenang demi
kepentingan pribadi, atau mendahulukan atau memihak kelompok-kelompok tertentu.
§
Jangan mengungkapkan data atau strategi
perusahaan yang bersifat rahasia kepada pihak-pihak yang tidak berhak
mengetahuinya yang dapat menyebabkan kelangsungan hidup perusahaan terancam.
3. Hubungan Antara Atasan dan Bawahan
§
Bawahan harus bersikap hormat pada atasannya,
dengan kata lain penghormatan bawahan terhadap atasannya semata-mata atas
pertimbangan wewenang, tanggung jawab dan wibawa.
§
Garis tanggung jawab adalah dari bawah keatas,
yakni bawahan bertanggung jawab kepada atasan dan atasan mempertanggung
jawabkan bawahannya.
§
Seorang karyawan jangan membohongi,
menyembunyikan data atau dengan sengaja berusaha menyesatkan atasannya untuk
hal-hal yang ada kaitannya dengan perusahaan. Atasan yang tidak mendapat
informasi, atau mendapat informasi yang salah berakibat kesimpulan dan
keputusan yang salah pula, yang pada akhirnya menyebabkan kerugian perusahaan.
§
Atasan harus bersifat mendidik dan memberi
pengarahan kepada bawahannya, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan
unjuk kerja dan sikap kerja, karena kemajuan anak buah merupakan tanggung jawab
atasannya.
§
Seorang atasan harus menjadi panutan bagi
bawahannya, tingkah laku atasan harus mencerminkan nilai-nilai yang dianut oleh
bawahannya.
4. Hubungan Antar Karyawan
§
Saling menghargai dan membina semangat
kerjasama yakni dengan saling menghargai karena persamaan harkat dan martabat
dan membina kerjasama kerena semua karyawan bekerja dalam team yaitu
perusahaan.
§
Menghindari tindakan ketidak harmonisan,
pertentangan dan keresahan diantara karyawan.
Agung, L. 2007. Human
Capital Competencies. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar